Dalam menjalankan sebuah bisnis,
konsumen merupakan salah satu bukti suksesnya pemasaran
bisnis yang Anda jalankan. Semakin banyak konsumen yang
tertarik dengan produk Anda, menunjukan bahwa strategi pemasaran bisnis yang
digunakan telah berhasil. Dan begitu pula sebaliknya jika sebuah bisnis belum
berhasil memperoleh konsumen, berarti masih ada yang perlu dievaluasi
dari strategi
pemasaran digunakannya.
Salah satu strategi yang dapat
digunakan yaitu strategi pemasaran bisnis melalui pendekatan konsumen.
Dengan membangun hubungan baik dengan para konsumen, dapat meningkatkan
kepercayaan dan loyalitas
konsumen terhadap sebuah perusahaan.
Selain itu sebuah perusahaan dapat
memenangkan persaingan
bisnis, jika perusahaan tersebut mencoba menempatkan diri pada
posisi konsumen dan memberikan solusi pada masalah yang mereka hadapi, serta
membantu konsumen untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu
akan terjalin hubungan kerjasama dalam jangka panjang yang saling menguntungkan
kedua belah pihak, konsumen akan melihat Anda sebagai partner kerja sejati
bukan hanya sebagai produsen atau pemasok produk yang mereka butuhkan.
Untuk menjalin hubungan kerjasama
dalam jangka waktu panjang dengan para konsumen, Anda harus mengetahui hal –
hal yang disukai konsumen maupun hal – hal yang tidak disukai konsumen. Berikut
kami berikan informasinya :
- Ketika konsumen mempercayai sebuah perusahaan, maka mereka akan senang jika perusahaan Anda membantu mereka dalam hal berikut :
1. Membuka konsultasi bagi para
konsumen yang memiliki masalah.
2. Memberikan solusi di waktu yang
tepat, dan disesuaikan dengan kondisi konsumen
3. Meyakinkan konsumen bahwa mereka
telah mengambil keputusan yang tepat
- Namun ada pula kebiasaan marketing yang tidak disukai oleh konsumen, antara lain sebagai berikut :
1. Marketing yang menggunakan metode
penjualan terlalu agresif
2. Terlalu menggurui konsumen,
mengenai bagaimana seharusnya menjalankan bisnis mereka
3. Pemasaran yang tidak mendidik
konsumen, hanya mengunggulkan kelebihan produk tanpa menjelaskan mengapa produk
tersebut dianggap lebih unggul.
Keputusan konsumen untuk membeli
suatu produk, didasarkan pada kepercayaan dan kebutuhan mereka akan suatu
produk. Oleh karena itu lakukan pendekatan dengan para konsumen, bukan hanya
sekedar membuat konsumen membeli produk dan melakukan pembelian berulang namun
buatlah konsumen membeli sebuah produk karena adanya kesenangan dari diri
mereka. Semoga informasi strategi
pemasaran bisnis melalui pendekatan konsumen dapat bermanfaat
dan salam sukses.
https://bisnisukm.com/category/pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar