Rabu, 08 Juni 2016

PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENJUALAN HANDPHONE MEREK SAMSUNG (Meigi Puspita Dewi)

Pada  zaman modern saat ini banyak sekali jenis alat komunikasi, seperti telepon rumah dan handphone. Handphone bukan barang yang mewah bagi masyarakat, karena banyak sebagian masyarakat yang memiliki handphone sebaagai salah satu alat komunikasi yang mudah dibawa dan dapat digunakan kapanpun ketika pengguna membutuhkannya. Dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi pada saat ini handphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan mengimim pesan singkat, tetapi dapat digunakan untuk membuka email ataupun komunikasi lainnya melalui internet.
Pada saat ini angka permintaan masyarakat terhadap handphone semakin meningkat, tentunya peluang ini sangat bermanfaat pagi produsen handphone untuk menciptakan kualitas yang baru dalam membuat handphone. Salah satu produsen yang paling banyak diminati adalah Samsung. Karena saat ini semakin banyak pesaing para perusahaan harus menawarkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih, karena kualitas produk menjadi salah satu bentuk pertimbangan konsumen agar membeli produk tersebut. Perusahaan Samsung berusaha untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih dari produk lainnya misalnya Samsung galaxy prime. Samsung galaxy prime adalah produk handphone yang memiliki sistem android sehingga banyak sekali masyarakat yang berminat. Karena android menyediakan berbagai macam kategori: sosial, hiburan dan permainan.
Dalam artikel ini dibahas beberapa hal mengenai (Promosi Terhadap Keputusan Penjualan Handphone Merek Samsung) diantaranya metode promosi penjualan konsumen. Pembahasan ini penting diketahui oleh banyak peusahaan lainnya agar perusahaan mendapatkan orang yang bersedia mencoba produk baru untuk meningkatkan volume penjualan.

Metode-Metode Promosi Penjualan Konsumen
Kita akan mempelajari promosi yang menyangkut ide tentang bagaimana konsumen dan produsen memperoleh keuntungan dengan adaya promosi penjualan. Teknik-teknik promosi penjualan tertentu cenderung memiliki siklus popularitas. Sebagai contoh, kupon berhadiah. Apabila kupon berhadiah menjadi kurang popular, hamper setiap orang nampak tidak tertarik lagi. Tetapi pada suatu saat tertentu akan menjadi alat promosi yang popular lagi.
            Beberapa metode promosi penjualan yang akan dibicarakan berikut ini adalah : (1) diskon harga, (2) menggunakan pihak lain, (3) undian, (4) premium.
(1)   Diskon Harga
Ini merupakan salah satu metode yang umum digunakan oleh perusahaan untuk menarik konsumen. Perusahaan Samsung saat ini sedang melakukan pendekatan produknya kepada masyarakat dengan menurunkan harga, ketika masyarakat mengakui semua keunggulan produk Samsung tersebut sangat berkualitas. Contohnya potongan harga pada setiap pembelian Samsung galaxy star S5282 yang tadinya Rp 650.000 menjadi Rp 535.000 hal ini dilakukan oleh perusahaan Samsung karena di anggap Samsung galaxy S5282 tidak begitu terkenal sehingga perusahaan melakukan penurunan harga.
(2)   Menggunakan Pihak Lain
Untuk mencapai penjualan yang tinggi, banyak perusahaan yang memakai bantuan orang lain dalam membantu memasarkan produknya. Contohnya dalam metode ini perusahaan Samsung yang menggunakan SPG.
(3)   Undian
Untuk meningkatkan penjualan perusahaan Samsung memberikan ragam hadiah, seperti souvenir, vocher, dan hingga nomer undian untuk para konsumen sebagai bagian dari strateginya. Begitu juga perusahaan Samsung biasaya memberikan souvenir seperti kaos, topi, bolpoin dll.
(4)   Premium
Premium (hadiah) merupakan kompensasi yang nyata suatu insentif yang diberikan bagi tujuan tertentu, biasanya bagi pembelian suatu produk. Premium kemungkinan gratis, atau jika tidak biayanya berada di bawah harga yang biasa diterapkan. Tambahan hadiah gratis pada saat pembelian barang langsung atau mendapat kan sejumlah bonus produk merupakan suatu bentuk premium, sebagai contoh perusahaan Samsung memberikan hadiah untuk setiap pembelian handphone.
            Kesimpulan setiap perusahaan entah itu perusahaan kecil atau pun besar pasti melakukakan promosi penjualan guna memperoleh laba yang tinggi, besar kecilnya biaya promosi tergantung seberapa besar biaya bisnis perusahaan yang dikeluarkan.

            Saran untuk melakukan strategi dalam promosi penjualan di sarankan agar menyesuaikan keuangan daari perusahaan tersebut agar tidak mengalami kerugian.

DAFTAR RUJUKAN                                                                                   
Hermawan, Agus M.si,MBus (2005). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar