Pada zaman modern saat ini banyak sekali jenis
alat komunikasi, seperti telepon rumah dan handphone. Handphone bukan barang
yang mewah bagi masyarakat, karena banyak sebagian masyarakat yang memiliki
handphone sebaagai salah satu alat komunikasi yang mudah dibawa dan dapat
digunakan kapanpun ketika pengguna membutuhkannya. Dengan semakin berkembangnya
ilmu teknologi pada saat ini handphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan
mengimim pesan singkat, tetapi dapat digunakan untuk membuka email ataupun
komunikasi lainnya melalui internet.
Pada
saat ini angka permintaan masyarakat terhadap handphone semakin meningkat,
tentunya peluang ini sangat bermanfaat pagi produsen handphone untuk
menciptakan kualitas yang baru dalam membuat handphone. Salah satu produsen
yang paling banyak diminati adalah Samsung. Karena saat ini semakin banyak
pesaing para perusahaan harus menawarkan produk yang berkualitas dan mempunyai
nilai lebih, karena kualitas produk menjadi salah satu bentuk pertimbangan
konsumen agar membeli produk tersebut. Perusahaan Samsung berusaha untuk
menciptakan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih dari produk
lainnya misalnya Samsung galaxy prime. Samsung galaxy prime adalah produk
handphone yang memiliki sistem android sehingga banyak sekali masyarakat yang
berminat. Karena android menyediakan berbagai macam kategori: sosial, hiburan
dan permainan.
Dalam
artikel ini dibahas beberapa hal mengenai (Promosi
Terhadap Keputusan Penjualan Handphone Merek Samsung) diantaranya metode
promosi penjualan konsumen. Pembahasan ini penting diketahui oleh banyak peusahaan
lainnya agar perusahaan mendapatkan orang yang bersedia mencoba produk baru
untuk meningkatkan volume penjualan.
Metode-Metode
Promosi Penjualan Konsumen
Kita
akan mempelajari promosi yang menyangkut ide tentang bagaimana konsumen dan
produsen memperoleh keuntungan dengan adaya promosi penjualan. Teknik-teknik
promosi penjualan tertentu cenderung memiliki siklus popularitas. Sebagai
contoh, kupon berhadiah. Apabila kupon berhadiah menjadi kurang popular, hamper
setiap orang nampak tidak tertarik lagi. Tetapi pada suatu saat tertentu akan
menjadi alat promosi yang popular lagi.
Beberapa metode promosi penjualan
yang akan dibicarakan berikut ini adalah : (1) diskon harga, (2) menggunakan
pihak lain, (3) undian, (4) premium.
(1) Diskon
Harga
Ini merupakan salah satu metode yang umum digunakan
oleh perusahaan untuk menarik konsumen. Perusahaan Samsung saat ini sedang
melakukan pendekatan produknya kepada masyarakat dengan menurunkan harga,
ketika masyarakat mengakui semua keunggulan produk Samsung tersebut sangat
berkualitas. Contohnya potongan harga pada setiap pembelian Samsung galaxy star
S5282 yang tadinya Rp 650.000 menjadi Rp 535.000 hal ini dilakukan oleh
perusahaan Samsung karena di anggap Samsung galaxy S5282 tidak begitu terkenal
sehingga perusahaan melakukan penurunan harga.
(2) Menggunakan
Pihak Lain
Untuk mencapai penjualan yang tinggi, banyak perusahaan
yang memakai bantuan orang lain dalam membantu memasarkan produknya. Contohnya
dalam metode ini perusahaan Samsung yang menggunakan SPG.
(3) Undian
Untuk meningkatkan penjualan perusahaan Samsung
memberikan ragam hadiah, seperti souvenir, vocher, dan hingga nomer undian
untuk para konsumen sebagai bagian dari strateginya. Begitu juga perusahaan
Samsung biasaya memberikan souvenir seperti kaos, topi, bolpoin dll.
(4) Premium
Premium (hadiah) merupakan kompensasi yang nyata
suatu insentif yang diberikan bagi tujuan tertentu, biasanya bagi pembelian
suatu produk. Premium kemungkinan gratis, atau jika tidak biayanya berada di
bawah harga yang biasa diterapkan. Tambahan hadiah gratis pada saat pembelian
barang langsung atau mendapat kan sejumlah bonus produk merupakan suatu bentuk
premium, sebagai contoh perusahaan Samsung memberikan hadiah untuk setiap
pembelian handphone.
Kesimpulan setiap perusahaan entah
itu perusahaan kecil atau pun besar pasti melakukakan promosi penjualan guna
memperoleh laba yang tinggi, besar kecilnya biaya promosi tergantung seberapa
besar biaya bisnis perusahaan yang dikeluarkan.
Saran untuk melakukan strategi dalam
promosi penjualan di sarankan agar menyesuaikan keuangan daari perusahaan
tersebut agar tidak mengalami kerugian.
DAFTAR RUJUKAN
Hermawan, Agus
M.si,MBus (2005). Komunikasi Pemasaran.
Jakarta : Penerbit Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar