Dewasa
ini persaingan dunia bisnis semakin ketat dari tahun ke tahun. Terbukti dengan
maraknya usaha bisnis kecil-kecilan hingga bisnis yang terbilang besar,
contohnya bisnis jus buah. Bisnis jus buah ini merupakan bisnis yang mudah
untuk di jalankan. Konsumennya juga dari semua kalangan seperti anak-anak,
remaja, dewasa hingga orang yang lanjut usia. Penjualan jus buah dilakukan oleh
kalangan usaha kecil maupun kalangan usaha besar. Mudahnya penjualan jus buah
ini membuat para usahawan senang untuk menggelutinya, sehingga persaingan
bisnis jus buah semakin marak. Sebagaimana dilansir kompas (2014) Seorang
pengusaha jus buah bernama Ferry Dafira yang sukses dengan membuat produk jus
buah yang berbeda yakni produk Jus Fushion yang didirikan sendiri dan Kaaramel
Juice yang didirikan dengan ketiga rekannya, terbukti sukses dengan
pendapatannya yang mencapai 2.1 miliar pada tahun 2013 lalu.
Dalam
artikel ini dibahas beberapa hal mengenai “Menghadapi Persaingan untuk
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah” di antaranya:
-
Bagaimana strategi menghadapi persaingan
pada bisnis jus buah?
-
Bagaimana meningkatkan loyalitas
pelanggan pada bisnis jus buah?
Pembahasan
ini penting diketahui oleh para usahawan untuk dapat meningkatkan loyalitas dan
menghadapi persaingan pada bisnis yang dijalankan.
Strategi Menghadapi Persaingan pada
Bisnis Jus Buah
Salah
satu tantangan dalam berbisnis adalah pesaing dalam bisnis serupa. Persaingan
dalam dunia bisnis memang selalu ada dan tak bisa dihindari. Menurut Adry (2012)
“Maraknya pertumbuhan usaha saat ini ternyata berhasil menciptakan persaingan
pasar yang semakin ketat”, seperti pada persaingan bisnis jus buah. Keadaan ini
tentu memaksa para usahawan bisnis jus buah untuk menggunakan berbagai cara
dalam strategi pemasaran mereka. Menurut Johanes (2013) ada beberapa hal yang
harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis yang dikemukakan dalam
artikelnya antara lain:
1.
Konsep
Dalam
menjalankan bisnis jus buah tidak hanya dibutuhkan ide dan usaha keras saja,
diperlukan juga sebuah konsep yang matang. Konsep yang matang akan membantu
dalam mengenali berbagai potensi dan keberlangsungan bisnis jus buah untuk
kedepannya. Selain itu konsep bisnis yang matang akan membuat bisnis bisa
berjalan lebih maksimal. Konsep dalam bisnis jus buah misalnya selera
pasar/konsumen, gaya hidup masyarakat, daya beli, sampai ke persaingan
bisnisnya.
-
Selera Pasar/Konsumen
Dengan memperhatikan selera konsumen kita dapat
mengetahui apa yang diminati konsumen seperti konsumen lebih menyukai buah
strawberry, maka usahawan akan menyediakan buah strawberry yang jumlahnya lebih
banyak. Dengan ini konsumen tidak akan kehabisan dengan jus yang mereka sukai.
-
Daya Beli
Daya beli ditentukan dengan kemampuan membeli konsumen.
2. Perencanaan
Konsep
bisnis yang matang akan membantu dalam membuat perencanaan bisnis yang baik.
Jika perencanaan bisnis tidak matang, akan sia-sia dan kemungkinan mengalami
kerugian. Dalam bisnis jus buah ini perencanaan dilakukan seperti dimana bisnis
jus buah akan didirikan, siapa yang akan mengelola dan berjualan, siapa
konsumen tujuannya (jika berada di sekitar kampus maka konsumen yang dituju
yaitu mahasiswa kampus).
3. Kenali
Pesaing
Di
dalam setiap bisnis mengenali pesaing merupakan faktor yang penting. Mencari
tahu tentang kelebihan pesaing lain seperti harga jus buah dari pesaing dan
harga jus buah dari bisnis yang kita jalankan, pesaing yang memiliki tempat
strategis lebih unggul jika dibandingkan pesaing yang hanya berjualan di tempat
biasa tetapi harga jualnya pun juga lebih mahal.
4.
Produk Berkualitas
Menciptakan produk berkualitas merupakan
salah satu strategi dalam menghadapi persaingan bisnis. Menciptakan rasa dari
jus buah yang terbaik. Produk harus memiliki kelebihan dibanding produk yang
sudah ada di pasaran. Memilih buah yang berkualitas baik untuk digunakan jus
meskipun harga lebih mahal. Konsumen akan membeli dengan harga lebih mahal
tetapi kepuasan yang dirasakan setara dengan pengorbanan membeli yang
dilakukan.
5. Promosi
Promosi
menjadi kelebihan dari setiap produk. Mempromosikan sebuah produk dapat
dilakukan dengan iklan, memasang baliho, online agar produk dapat dikenal
dengan masyarakat luas. Bisnis jus buah dapat mempromosikan bisnisnya dengan
cara memasang baliho dan juga online. Dengan cara promosi ini maka jus buah
yang dijalankan tidak hanya dikenal oleh sebagian masyarakat, tetapi masyarakat
luas juga akan mengenalnya.
6. Inovasi
Persaingan dunia bisnis yang sejenis
seringkali tidak dapat dihindari. Namun persaingan bisnis dapat membuat kita
menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam berkreasi. Menjalankan bisnis jus buah
memiliki banyak pesaing, tetapi dengan mengunggulkan inovasi baru membuat
bisnis jus buah yang berbeda dari para pesaingnya, seperti membuat sajian jus
dengan menggabungkan dua buah, tiga buah, dan seterusnya. Sajian seperti ini
dapat menjadi inovasi baru bagi para pembisnis jus buah.
7. Harga
Bersaing
Dalam
menghadapi persaingan bisnis dengan memberikan harga bersaing adalah salah satu
strategi untuk meningkatkan penjualan dan melawan pesaing. Konsumen selalu
mencari harga yang murah dan kualitas yang terbaik. Dalam memberikan harga,
para pembisnis jus buah seharusnya tidak memberikan harga yang terlalu tinggi.
Harga buah memang terkadang berubah-ubah tergantung dengan musimnya maka itu
pembisnis jus buah harus memperhatikan ini.
Untuk pembukaan outlet pertama kali harga yang terjangkau diharapkan
oleh para pelanggan. Keberhasilan pembisnis dilihat saat penjualan mereka naik.
Para pembisnis dapat mengambil untung dari penjualan yang naik tersebut.
8. Sistem
Sebuah
sistem bisnis dapat membantu supaya bisnis dapat bertahan lebih lama dan
mendapat keuntungan yang diinginkan. Sistem dalam sebuah bisnis jus buah dapat
dilakukan dengan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan
misalnya membuka cabang usaha.
9. Layanan
yang Baik
Pelayanan
yang baik menjadi salah satu alasan konsumen itu betah. Berikan layanan yang
baik kepada konsumen. Para pembisnis jus buah juga dapat menciptakan produk
yang lebih variatif sehinga konsumen memiliki banyak pilihan.
10. Program
Khusus Pelanggan
Membuat
program khusus pelanggan menjadi hal penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan.
Misalkan memberi gratis 1 gelas jus buah kepada pelanggan yang rutin membeli
jus buah setiap hari
11. Evaluasi
Evaluasi
dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Evaluasi yang baik dapat dilakukan
setiap hari setelah toko tutup. Sebuah evaluasi menilai kekurangan dan nilai
lebih pada berbisnis. Pada bisnis jus buah evaluasi dapat dilakukan setiap saat
untuk menanggulangi kesalahan atau kekurangan yang terjadi saat ini tidak
dilakukan lagi untuk kedepannya.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Pada Bisnis Jus Buah
Meningkatkan
loyalitas pelanggan tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap
bisnis, tentunya untuk bisnis jus buah. Membutuhkan usaha yang lebih besar
untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada dibandingkan dengan mencari
konsumen baru. Terkadang perubahan kecil juga berdampak besar terhadap perubahan
konsumen. Menurut Sekar (2013) dalam artikelnya membahas mengenai cara
membangun loyalitas pelanggan antara lain:
1. Pahamilah
Produk
Sebagai
seorang bisnis jus buah tentunya telah memahami mengenai produk dan layanan
yang dilakukan. Sadari pertanyaan paling umum yang sering dilontarkan oleh para
pelanggan seperti rasanya kurang manis, kurang terasa kesegarannya buahnya dan
sebagainya. Dengan begitu penjual dapat mengartikulasikan jawabannya kepada
para pelanggan.
2. Bersikap
Ramah
Melayani
pelanggan dengan ramah dan senyum memiliki arti tersendiri bagi para konsumen.
Perlakuan pelanggan yang ramah dapat membuat pelanggan akan kembali lagi
membeli. Dengan seperti ini tentunya akan meningkatkan penjualan pada bisnis
jus buah yang dilakukan.
3. Mengucapkan
Terima Kasih
Mengucapkan
terimakasih di setiap selesai melayani adalah salah satu cara termudah untuk
memulai kebiasaan melayani pelanggan dengan baik.
4. Perlihatkan
Rasa Hormat
Setiap
melayani pelanggan harus selalu bersikap sopan dan hormat. Jangan mengedepankan
emosi dibanding niat awal berbisnis untuk membuat pelanggan merasa senang.
Dengan memperlihatkan rasa hormat kepada pelanggan maka bisnis jus buah akan
mendapat citra yang baik dari para konsumennya.
5. Mintalah
Masukan
Meminta masukan
berarti mempelajari tentang pelanggan dan kebutuhan mereka. Pada bisnis jus
buah dapat dilakukan dengan memberi kotak kuesioner, sehingga pelanggan yang
merasa tidak puas dan puas akan memberikan komentarnya pada kotak kuesioner.
Kesimpulan
dari materi tentang “Menghadapi Persaingan untuk Meningkatkan Loyalitas
Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah” adalah untuk memulai bisnis jus buah selayaknya
pemilik bisnis memiliki strategi yang unggul untuk menghadapi persaingan,
tentunya untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan supaya bisnis yang
dijalankan bisa terus berjalan dan berkembang untuk kedepannya. Untuk itu para
pembisnis jus buah harus mempelajari pesaing dan pelanggan agar dapat
mengidentifikasi strategi yang dilakukan dan dapat bertahan di dunia bisnis.
Daftar
Rujukan
Djumena,
Erlangga. (2014). Meraup Omzet Miliaran
dari Jualan Jus. Diambil 29 Mei 2016, dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/19/101621226/Meraup.Omzet.Miliaran.dari.Jualan.Jus
Adry,
Malikin. (2012). Cara Menghadapi
Persaingan Pasar. Diambil 30 Mei 2016, dari
https://malikin90.wordpress.com/cara-menghadapi-persaingan-pasar/
Johanes,
Walujo Budi. (2013). Strategi Menghadapi
Persaingan Bisnis. Diambil 30 Mei 2016, dari http://johanes-budi-walujo.blogspot.co.id/2013/10/strategi-menghadapi-persaingan-bisnis.html
Ayu,
Sekar. (2013). Cara Membangun Loyalitas
Pelanggan. Diambil 30 Mei 2016, dari
http://inisekarayu.blogspot.co.id/2013/07/cara-membangun-loyalitas-pelanggan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar