Rabu, 08 Juni 2016

Menghadapi Persaingan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah (Indira Putri Avisa)

Dewasa ini persaingan dunia bisnis semakin ketat dari tahun ke tahun. Terbukti dengan maraknya usaha bisnis kecil-kecilan hingga bisnis yang terbilang besar, contohnya bisnis jus buah. Bisnis jus buah ini merupakan bisnis yang mudah untuk di jalankan. Konsumennya juga dari semua kalangan seperti anak-anak, remaja, dewasa hingga orang yang lanjut usia. Penjualan jus buah dilakukan oleh kalangan usaha kecil maupun kalangan usaha besar. Mudahnya penjualan jus buah ini membuat para usahawan senang untuk menggelutinya, sehingga persaingan bisnis jus buah semakin marak. Sebagaimana dilansir kompas (2014) Seorang pengusaha jus buah bernama Ferry Dafira yang sukses dengan membuat produk jus buah yang berbeda yakni produk Jus Fushion yang didirikan sendiri dan Kaaramel Juice yang didirikan dengan ketiga rekannya, terbukti sukses dengan pendapatannya yang mencapai 2.1 miliar pada tahun 2013 lalu.
Dalam artikel ini dibahas beberapa hal mengenai “Menghadapi Persaingan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah” di antaranya:
-          Bagaimana strategi menghadapi persaingan pada bisnis jus buah?
-          Bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis jus buah?
Pembahasan ini penting diketahui oleh para usahawan untuk dapat meningkatkan loyalitas dan menghadapi persaingan pada bisnis yang dijalankan.
Strategi Menghadapi Persaingan pada Bisnis Jus Buah
Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah pesaing dalam bisnis serupa. Persaingan dalam dunia bisnis memang selalu ada dan tak bisa dihindari. Menurut Adry (2012) “Maraknya pertumbuhan usaha saat ini ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat”, seperti pada persaingan bisnis jus buah. Keadaan ini tentu memaksa para usahawan bisnis jus buah untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka. Menurut Johanes (2013) ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis yang dikemukakan dalam artikelnya antara lain:                                                                                                                                                                                                                       
1.      Konsep
Dalam menjalankan bisnis jus buah tidak hanya dibutuhkan ide dan usaha keras saja, diperlukan juga sebuah konsep yang matang. Konsep yang matang akan membantu dalam mengenali berbagai potensi dan keberlangsungan bisnis jus buah untuk kedepannya. Selain itu konsep bisnis yang matang akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Konsep dalam bisnis jus buah misalnya selera pasar/konsumen, gaya hidup masyarakat, daya beli, sampai ke persaingan bisnisnya.
-          Selera Pasar/Konsumen
Dengan memperhatikan selera konsumen kita dapat mengetahui apa yang diminati konsumen seperti konsumen lebih menyukai buah strawberry, maka usahawan akan menyediakan buah strawberry yang jumlahnya lebih banyak. Dengan ini konsumen tidak akan kehabisan dengan jus yang mereka sukai.
-          Daya Beli
Daya beli ditentukan dengan kemampuan membeli konsumen.
2.      Perencanaan
Konsep bisnis yang matang akan membantu dalam membuat perencanaan bisnis yang baik. Jika perencanaan bisnis tidak matang, akan sia-sia dan kemungkinan mengalami kerugian. Dalam bisnis jus buah ini perencanaan dilakukan seperti dimana bisnis jus buah akan didirikan, siapa yang akan mengelola dan berjualan, siapa konsumen tujuannya (jika berada di sekitar kampus maka konsumen yang dituju yaitu mahasiswa kampus).
3.      Kenali Pesaing
Di dalam setiap bisnis mengenali pesaing merupakan faktor yang penting. Mencari tahu tentang kelebihan pesaing lain seperti harga jus buah dari pesaing dan harga jus buah dari bisnis yang kita jalankan, pesaing yang memiliki tempat strategis lebih unggul jika dibandingkan pesaing yang hanya berjualan di tempat biasa tetapi harga jualnya pun juga lebih mahal.
4.      Produk Berkualitas
     Menciptakan produk berkualitas merupakan salah satu strategi dalam menghadapi persaingan bisnis. Menciptakan rasa dari jus buah yang terbaik. Produk harus memiliki kelebihan dibanding produk yang sudah ada di pasaran. Memilih buah yang berkualitas baik untuk digunakan jus meskipun harga lebih mahal. Konsumen akan membeli dengan harga lebih mahal tetapi kepuasan yang dirasakan setara dengan pengorbanan membeli yang dilakukan.
5.      Promosi
Promosi menjadi kelebihan dari setiap produk. Mempromosikan sebuah produk dapat dilakukan dengan iklan, memasang baliho, online agar produk dapat dikenal dengan masyarakat luas. Bisnis jus buah dapat mempromosikan bisnisnya dengan cara memasang baliho dan juga online. Dengan cara promosi ini maka jus buah yang dijalankan tidak hanya dikenal oleh sebagian masyarakat, tetapi masyarakat luas juga akan mengenalnya.
6.      Inovasi
      Persaingan dunia bisnis yang sejenis seringkali tidak dapat dihindari. Namun persaingan bisnis dapat membuat kita menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam berkreasi. Menjalankan bisnis jus buah memiliki banyak pesaing, tetapi dengan mengunggulkan inovasi baru membuat bisnis jus buah yang berbeda dari para pesaingnya, seperti membuat sajian jus dengan menggabungkan dua buah, tiga buah, dan seterusnya. Sajian seperti ini dapat menjadi inovasi baru bagi para pembisnis jus buah.
7.      Harga Bersaing
Dalam menghadapi persaingan bisnis dengan memberikan harga bersaing adalah salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan dan melawan pesaing. Konsumen selalu mencari harga yang murah dan kualitas yang terbaik. Dalam memberikan harga, para pembisnis jus buah seharusnya tidak memberikan harga yang terlalu tinggi. Harga buah memang terkadang berubah-ubah tergantung dengan musimnya maka itu pembisnis jus buah harus memperhatikan ini.  Untuk pembukaan outlet pertama kali harga yang terjangkau diharapkan oleh para pelanggan. Keberhasilan pembisnis dilihat saat penjualan mereka naik. Para pembisnis dapat mengambil untung dari penjualan yang naik tersebut.
8.      Sistem
Sebuah sistem bisnis dapat membantu supaya bisnis dapat bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan. Sistem dalam sebuah bisnis jus buah dapat dilakukan dengan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan misalnya membuka cabang usaha.
9.      Layanan yang Baik
Pelayanan yang baik menjadi salah satu alasan konsumen itu betah. Berikan layanan yang baik kepada konsumen. Para pembisnis jus buah juga dapat menciptakan produk yang lebih variatif sehinga konsumen memiliki banyak pilihan.
10.  Program Khusus Pelanggan
Membuat program khusus pelanggan menjadi hal penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Misalkan memberi gratis 1 gelas jus buah kepada pelanggan yang rutin membeli jus buah setiap hari
11.  Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Evaluasi yang baik dapat dilakukan setiap hari setelah toko tutup. Sebuah evaluasi menilai kekurangan dan nilai lebih pada berbisnis. Pada bisnis jus buah evaluasi dapat dilakukan setiap saat untuk menanggulangi kesalahan atau kekurangan yang terjadi saat ini tidak dilakukan lagi untuk kedepannya.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah
Meningkatkan loyalitas pelanggan tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap bisnis, tentunya untuk bisnis jus buah. Membutuhkan usaha yang lebih besar untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada dibandingkan dengan mencari konsumen baru. Terkadang perubahan kecil juga berdampak besar terhadap perubahan konsumen. Menurut Sekar (2013) dalam artikelnya membahas mengenai cara membangun loyalitas pelanggan antara lain:
1.      Pahamilah Produk
Sebagai seorang bisnis jus buah tentunya telah memahami mengenai produk dan layanan yang dilakukan. Sadari pertanyaan paling umum yang sering dilontarkan oleh para pelanggan seperti rasanya kurang manis, kurang terasa kesegarannya buahnya dan sebagainya. Dengan begitu penjual dapat mengartikulasikan jawabannya kepada para pelanggan.
2.      Bersikap Ramah
Melayani pelanggan dengan ramah dan senyum memiliki arti tersendiri bagi para konsumen. Perlakuan pelanggan yang ramah dapat membuat pelanggan akan kembali lagi membeli. Dengan seperti ini tentunya akan meningkatkan penjualan pada bisnis jus buah yang dilakukan.
3.      Mengucapkan Terima Kasih
Mengucapkan terimakasih di setiap selesai melayani adalah salah satu cara termudah untuk memulai kebiasaan melayani pelanggan dengan baik.
4.      Perlihatkan Rasa Hormat
Setiap melayani pelanggan harus selalu bersikap sopan dan hormat. Jangan mengedepankan emosi dibanding niat awal berbisnis untuk membuat pelanggan merasa senang. Dengan memperlihatkan rasa hormat kepada pelanggan maka bisnis jus buah akan mendapat citra yang baik dari para konsumennya.
5.      Mintalah Masukan

Meminta masukan berarti mempelajari tentang pelanggan dan kebutuhan mereka. Pada bisnis jus buah dapat dilakukan dengan memberi kotak kuesioner, sehingga pelanggan yang merasa tidak puas dan puas akan memberikan komentarnya pada kotak kuesioner.

Kesimpulan dari materi tentang “Menghadapi Persaingan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Jus Buah” adalah untuk memulai bisnis jus buah selayaknya pemilik bisnis memiliki strategi yang unggul untuk menghadapi persaingan, tentunya untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan supaya bisnis yang dijalankan bisa terus berjalan dan berkembang untuk kedepannya. Untuk itu para pembisnis jus buah harus mempelajari pesaing dan pelanggan agar dapat mengidentifikasi strategi yang dilakukan dan dapat bertahan di dunia bisnis.

Daftar Rujukan
Djumena, Erlangga. (2014). Meraup Omzet Miliaran dari Jualan Jus. Diambil 29 Mei 2016, dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/19/101621226/Meraup.Omzet.Miliaran.dari.Jualan.Jus
Adry, Malikin. (2012). Cara Menghadapi Persaingan Pasar. Diambil 30 Mei 2016, dari  https://malikin90.wordpress.com/cara-menghadapi-persaingan-pasar/
Johanes, Walujo Budi. (2013). Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis. Diambil 30 Mei 2016, dari http://johanes-budi-walujo.blogspot.co.id/2013/10/strategi-menghadapi-persaingan-bisnis.html
Ayu, Sekar. (2013). Cara Membangun Loyalitas Pelanggan. Diambil 30 Mei 2016, dari  http://inisekarayu.blogspot.co.id/2013/07/cara-membangun-loyalitas-pelanggan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar