Rabu, 08 Juni 2016

PENGARUH PEMASARAN LANGSUNG BAJU MUSLIMAH YANG TERDAPAT DALAM MATAHARI TERHADAP PENINGKATAN MINAT (Silvie Eka Puspitasari)

         Pemasaran langsung itu bisa kita artikan sebagai  pendekatan pemasaran yang bersifat bebas dalam menggunakan saluran distribusi atau komunikasi pemasaran yang memungkinkan perusahaan –perusahaan memiliki strategi sendiri dalam berhubungan langsung dengan konsumennya. Bisa juga pemasaran langsung kita namakan dengan pengirimin pos langsung , pemilihan pesanan melalui pos , dan tanggapan langsung. Semuanya termasuk pemasaran langsung semuanya melibatkan “aktivitas total di many penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli” (Hermawan 2005: 183-184)
Maksud  pemasaran langsung  adalah  komunikasi pemasaran ditargetkan langsung kepada konsumen oleh perusahaan. Contohnya , suatu merek yang menggunakan saluran pemasaran akan mengomunikasikan pemasarannya dengan sasaran para distributor, pengecer, dan konsumen, atau memadukan diantara ketiganya.  Contohnya produk yang menggunakan pemasaran langsung adalah produk fashion misalnya baju muslimah , nah peminat dari baju tersebut sangatlah berkurang maka dari itu perusahaan baju muslimah harus bisa menarik konsumennya untuk membeli produk atau merek yang perusahaan itu buat. Jadi komunikasi antara perusahaan dan konsumen harus lebih difokuskan. Seperti halnya perusahaan itu mempromosikan agar peminat baju muslimah semakin meningkat.
            Oleh karena itu, pemasaran langsung baju muslimah yang terdapat di matahari terhadap peningkatan minat harus bisa kita tingkatkan sebab peningkatan untuk baju muslimah sangatlah rendah. Bahkan bisa kita lihat sendiri minat untuk baju muslimah di matahari sangatlah sedikit sekali bahkan para konsumen membeli baju muslimah untuk perayaan hari tertentu saja. Bisa kita buktikan sendiri bahwa dimatahari manapun yang kita jumpai minat baju muslimah sedikit . para konsumen-konsumen membeli baju muslimah hanya perayaan-perayaan hari besar tertentu saja. Apalagi menjelang lebaran para konsumen berlomba-lomba membeli baju muslimah , sedangkan dihari biasa para konsumen tidak tertarik pada baju tersebut . mungkin , konsumen membeli baju itu kalau para konsumen mendapat kupon ataupun diskon terhadap merek baju muslimah tersebut.  maka dari itu , saya memilih pengaruh pemasaran langsung baju muslimah yang terdapat di matahari terhadap peningkatan minat. Agar peminat baju muslimah semakin meningkat . bukan hanya di hari perayaan tertentu saja bahkan bisa setiap hari.
            Dalam artikel ini dibahas beberapa hal mengenai pengaruh pemasaran langsung baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat. Diantaranya :
Manfaat – manfaat apa yang bisa kita ambil dari pemasaran langsung baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat. Media apa yang cocok digunakan dalam pemasaran langsung baju baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat.
Pembahasan ini penting diketahui oleh masyarakat umum karena , agar minatmasyarakat bisa meningkatkan hobinya untuk membeli baju muslimah supaya semakin tinggi minat pembelinya  dan nilai keagamaanpun semakin menjadi pedoman hidup nomer satu.


Manfaat – manfaat apa yang bisa kita ambil dari pemasaran langsung baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat.

Dari pemasaran langsung itu sendiri dapat kita simpulkan bahwa manfaat langsung memiliki manfaat yang beragam dan berbeda-beda bagi pihak yang berbeda-beda pula. Seperti contohnya : (Hermawan 2005 : 186-187)
1)      Bagi konsumen produk eceran
2)      Bagi konsumen produksi industri
3)      Bagi penjual
Begitu juga dengan Manfaat-Manfaat yang Bisa Diambil dari Pemasaran Langsung Baju Muslimah itu sendiri. Mungkin saya mengambil manfaat bagi konsumen produk eceran tersebut ini , karna manfaat pemasaran langsung baju muslimah ini bisa kita ketahui dengan sendiri dengan minat yang rendah dapat kita berikan solusinya dengan pemasaran langsung. Agar para konsumen mengetahui bahwa baju muslimah itu sendiri bagus juga untuk digunakan atau dipakai kemana-mana , dan tidak kalah dengan halnya baju yang bukan meliputi baju muslimah. Jangan takut salah juga baju muslimah bisa kita bikin fashion apapun yang memiliki tema muslimah tentunya , agar baju muslimah itu sendiri berkiprah seperti halnya negara kita yang selalu berkipra di negera-negara manapun.

Media apa yang cocok digunakan dalam pemasaran langsung baju baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat.

            Media apa yang cocok digunakan dalam pemasaran langsung baju baju muslimah yang terdapat dimatahari terhadap peningkatan minat? Mungkin semua media sih bisa kita gunakan untuk mempromosikan pemasaran langsung baju muslimah terhadap minat sekarang ini. Contohnya : surat langsung , telemarketing , majalah , surat kabar , radio , televisi , internet dan masi banyak lagi. (Hermawan 2005: 192-199). Tetapi saya akan membahas atau menjelaskan salah satu dari beberapa contoh yang ada diatas.
Saya mengambil media TELEVISI. Mengapa saya mengambil media tersebut? Karna pemasaran langsung di televisi sangat meningkat pesat sekali. Apalagi yang akan saya ulas di sini yaitu baju muslih , baju muslimah ini kan peminatnya rendah. Apabila menggunakan media televisi sangatlah membantu untuk mempromosikan baju nmuslimah yang ada dimatahari. Pastinya konsumen yang telah meliat iklan tersebut akan berkunjung kematahari dan para konsumen itu juga berlomba-lomba untuk membeli baju muslimah yang terdapat dimatahari dimanapun. Contohnya Pesan yang disampaikanpun telah mengalami evolusi yang luar biasa dimana matahari bisa menawarkan produk dari baju muslimah itu sendiri dengan mendemonstrasikan baju muslimah secara lebih virtual. Penonton televisi juga mulai banyak yang mengenal metode iklan yang disiarkan oleh matahari sehingga para konsumen atau para penonton yang melihat iklan di televisi tersebut mendapat respons langsung , yang mengajak pemirsa untuk datang atau mengunjungi matahari terdekat manapun dan membeli produk dari matahari khusus untuk produk baju muslimah saja.

            Kesimpulannya berarti untuk saat ini bisa kita lihat sendiri baju muslimah makin hari makin rendah peminatnya , karna itu perlu dilakukan campaigne , jika menutup aurat dengan menggunakan baju muslimah akan menambah keimanan dan kepercayaan diri kita , apalagi untuk baju muslimah sendiri sudah modern dan bisa di mix & match sehingga tidak kalah saing dengan baju-baju yang lain. Contohnya saat ini desainer muslimah seperti dian pelangi , dia semakin hari semakin berkiprah dibidang baju muslimah dengan disainnya yang tidak monoton dan selalu up to date. Seharusnya melihat dari dia hati kita semakin terbuka untuk semakin meminati baju muslimah.


            Saran bagi pembaca agar mengetahui pentingnya baju muslimah itu sendiri dan tidak asal bicara karna baju muslimah itu memiliki manfaat-manfaat yang ada seperti yang telah dijelaskan pada kesimpulan diatas dan untuk produsen diharapkan para kaun wanita-wanita menjadi muslimah yang sholeha dan lebih baik dengan menggunakan baju muslimah. Karna makin tahun Zaman sekarang makin menjadi-jadi sebaiknya para kaum wanita menutup auratnya dengan baju muslimah yang dalam produk matahari.

DAFTAR RUJUKAN
Hermawan, Agus M.si,MBus (2005). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar