Kamis, 09 Juni 2016

Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan (Kezia Paramita)



Persaingan usaha kian semakin gencar pada saat ini, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang juga semakin pesat. Adanya perubahan yang sangat cepat pada era ini merupakan suatu kenyataan yang tidak dapat di hindari. Dengan perubahan ini banyak perusahaan yang bersaing untuk menarik minat pasar. Perusahaan dituntut untuk memiliki manajemen yang baik dalam memasarkan produk / jasa.
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk barang atau jasa, dengan tujuan untuk menarik minat calon konsumen. Promosi merupakan salah satu alat yang paling umum yang digunakan dalam mengenalkan produk kepada calon konsumen, tentunya sebelum membeli barang yang ditawarkan calon konsumen harus mengetahui spesifikasi barang yang akan dibeli. Terkadang calon pembeli juga memperimbangkan harga barang dan kegunaanya, untuk pada akhirnya sampai pada tahap pembelian barang tersebut.
Contohnya pada penjualan cireng tentu ada berbagai macam jenis konsumen yang ingin membeli cireng, misalnya pembeli yang hanya membeli untuk sekedar mencicipi biasa atau pembeli yang membeli karena memang suka cireng, ada pula pembeli cireng untuk oleh-oleh. Tentunya calon pembeli harus mempertimbangkan rasa, dan harga dalam membelinya sesuai dengan yang mereka inginkan.

Cara Menawarkan Produk
Cara memasarkan produk cireng ini sendiri adalah dengan cara promosi. Sekarang ini cireng yang sedang diminati oleh masyarakat adalah cireng bumbu rujak keju. Yang menjadi sasaran produk ini sendiri adalah kalangan remaja pastinya, karena seperti yang kita ketahui anak remaja sekarang sangat suka “nongkrong” dan mereka suka membeli jajanan yang belum umum seperti cireng bumbu rujak keju ini.

Lokasi Pemasaran
Lokasi pemasaran yang tepat untuk membuka usaha seperti ini adalah di dekat kampus, harga yang terjangkau di kalangan anak muda akan membuat cireng ini sangat diterima di pasaran. Seperti yang kita ketahui belum banyak yang memulai usaha cireng beraneka rasa seperti ini, jadi peluang kita untuk memenangkan persaingan bisa dikatakan sangta mudah. Kita hanya perlu mengutamakan rasa, kebersihan, bentuk dan tampilan dengan harga yang masih terjangkau.
Menurut saya pribadi promosi sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan penjualan suatu produk karena dengan berpromosi barang atau jasa yang kita tawarkan dapaat dikenal oleh masyarakat dengan cepat. Saat berpromosi di situlah ajang kita untuk mendapat perhatian dari masyarakat dan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Karena dengan berpromosi sendiri bisa menarik perhatian masyarakat dengan cepat.
Jadi jika ingin membuka usaha, bukalah usaha yang masih minim pesaing atau mulailah usaha yang tidak biasa agar banyak orang penasaran dan berminat untuk membeli usaha anda, contohnya seperti cireng ini.



Sumber::
1.Sukirno, Sadono. 2006. Mikro Ekonomi. Indonesia: RajaGrafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar