Persaingan usaha kian semakin gencar pada saat ini, seiring dengan
pertumbuhan ekonomi yang juga semakin pesat. Adanya perubahan yang sangat cepat
pada era ini merupakan suatu kenyataan yang tidak dapat di hindari. Dengan
perubahan ini banyak perusahaan yang bersaing untuk menarik minat pasar.
Perusahaan dituntut untuk memiliki manajemen yang baik dalam memasarkan produk
/ jasa.
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk barang
atau jasa, dengan tujuan untuk menarik minat calon konsumen. Promosi merupakan
salah satu alat yang paling umum yang digunakan dalam mengenalkan produk kepada
calon konsumen, tentunya sebelum membeli barang yang ditawarkan calon konsumen
harus mengetahui spesifikasi barang yang akan dibeli. Terkadang calon pembeli
juga memperimbangkan harga barang dan kegunaanya, untuk pada akhirnya sampai
pada tahap pembelian barang tersebut.
Contohnya pada penjualan cireng tentu ada berbagai macam jenis konsumen
yang ingin membeli cireng, misalnya pembeli yang hanya membeli untuk sekedar
mencicipi biasa atau pembeli yang membeli karena memang suka cireng, ada pula
pembeli cireng untuk oleh-oleh. Tentunya calon pembeli harus mempertimbangkan
rasa, dan harga dalam membelinya sesuai dengan yang mereka inginkan.
Cara Menawarkan Produk
Cara memasarkan produk cireng ini sendiri adalah dengan cara promosi.
Sekarang ini cireng yang sedang diminati oleh masyarakat adalah cireng bumbu
rujak keju. Yang menjadi sasaran produk ini sendiri adalah kalangan remaja
pastinya, karena seperti yang kita ketahui anak remaja sekarang sangat suka
“nongkrong” dan mereka suka membeli jajanan yang belum umum seperti cireng
bumbu rujak keju ini.
Lokasi Pemasaran
Lokasi pemasaran yang tepat untuk membuka usaha seperti ini adalah di
dekat kampus, harga yang terjangkau di kalangan anak muda akan membuat cireng
ini sangat diterima di pasaran. Seperti yang kita ketahui belum banyak yang
memulai usaha cireng beraneka rasa seperti ini, jadi peluang kita untuk
memenangkan persaingan bisa dikatakan sangta mudah. Kita hanya perlu
mengutamakan rasa, kebersihan, bentuk dan tampilan dengan harga yang masih
terjangkau.
Menurut saya pribadi promosi sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan
penjualan suatu produk karena dengan berpromosi barang atau jasa yang kita
tawarkan dapaat dikenal oleh masyarakat dengan cepat. Saat berpromosi di
situlah ajang kita untuk mendapat perhatian dari masyarakat dan mendapatkan
kepercayaan dari mereka. Karena dengan berpromosi sendiri bisa menarik perhatian
masyarakat dengan cepat.
Jadi
jika ingin membuka usaha, bukalah usaha yang masih minim pesaing atau mulailah
usaha yang tidak biasa agar banyak orang penasaran dan berminat untuk membeli
usaha anda, contohnya seperti cireng ini.
Sumber::
1.Sukirno,
Sadono. 2006. Mikro Ekonomi. Indonesia: RajaGrafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar